3 Tragedi Kerusuhan Terburuk Dalam Dunia Sepak Bola Sbobet

Dalam dunia sepak bola, suporter sering disebut dengan pemain ke 12 yang mendukung kemenangan tim. Namun sayangnya, terkadang kerusuhan bisa terjadi.

3 Tragedi Kerusuhan Terburuk Dalam Dunia Sepak Bola

Sebuah tim sepak bola tidak mungkin berdiri sendiri tanpa adanya pendukung atau suporter. Bahkan suporter kerap kali disebut sebagai pemain ke 12 yang juga turut memberikan kontribusi untuk kemenangan tim yang didukung. Namun sayangnya, terkadang tindakan para suporter terlalu berlebihan sehingga mereka sering membuat kerusuhan yang merugikan.

Kerusuhan Terburuk Dalam Sejarah Sepak Bola

Tak sedikit suporter sepak bola yang terlibat bentrok atau kerusuhan hingga menjatuhkan banyak korban dan tercatat sebagai yang terburuk dalam sejarah diantarannya

  • Tragedi kerusuhan suporter Peru dan Argentina

Di kawasan Amerika Selatan pernah terjadi bentrok kerusuhan yang sangat buruk di tahun 1964 antara dua pendukung timnas Peru dan Argentina. Dalam pertandingan itu, bentrok akhirnya pecah ketika Argentina berhasil mengalahkan Peru. Hal itu dipicu ketika wasit menganulir gol yang dicetak oleh pemain Peru dua menit sebelum pertandingan berakhir. Aksi protes itu berbuntut menjadi keusuhan dan tercatat sekitar 318 orang tewas dan lebih dari 500 orang harus mengalami cedera baik ringan maupun parah.

  • Tragedi Stadion Ibrox di Skotlandia

Kerusuhan lainnya terjadi di Skotlandia ketika dua tim dari kota yang sama berhadapan yaitu Glasgow Celtic dan Glasgow Rangers di tahun 1971 dengan Rangers sebagai tuan rumah. Pertarungan yang berjalan alot tersebut kemungkinan berakhir dengan skor 0-0 tetapi di menit-menit akhir, pemain Celtic mampu mencetak gol yang kemudian di penghujung laga, Rangers juga mencetak skor sehingga pertandingan berakhir 1-1. Kekecewaan dirasakan oleh pendukung Rangers dan banyak penonton keluar bersamaan melewati tangga hingga seorang anak yang digendong anaknya harus jatuh dan terinjak-injak. Tabrakan beruntun pun terjadi hingga dilaporkan 66 orang tewas dan lebih dari 140 orang mengalami cedera.

  • Tragedi Hillsborough

Tragedi Hillborough adalah sebuah kerusuhan yang paling buruk dalam sejarah dunia persepakbolaan dan terjadi di Inggris tahun 1989. Kerusuhan ini terjadi kala Liverpool berhadadapan dengan Nottingham Forest dalam laga semi final piala FA. Polisi yang cemas jika pendukung Liverpool masih banyak yang ada di luar stadion pun membuka salah satu gerbang sehingga pendukung The Reds langsung memenuhi stadion.

Semoga informasi mengenai kerusuhan yang terjadi dalam dunia sepak bola sbobet mampu memberikan sebuah pembelajaran bagi masyarakat di Indonesia untuk tidak melakukan hal yang sama dan mendukung tim dengan baik.

Recommended Reading

Comments IconOne comment found on “3 Tragedi Kerusuhan Terburuk Dalam Dunia Sepak Bola Sbobet

Comments are closed.